Cara Enjoy Memulai Belajar Pemrograman

Posted by Anggra Triawan, S.Kom, M.Kom on Friday, 03 Apr 2020

Ditulis oleh Kresna Galuh D. Herlangga, dipublikasi pada 21 Jan 2019 dalam kategori Tips & Trik

Sumber https://www.codepolitan.com/cara-enjoy-memulai-belajar-pemrograman

 

 

Pada prinsipnya sama seperti kita ingin menuju Roma, akan ada banyak jalan. Kita bisa lewat Bogor, kemudian ke Bandung lalu sampai di Roma. Atau kita juga bisa lewat Karawang, kemudian ke Jakarta, selanjutnya mendaki gunung Krakatau dan sampailah di Roma (anggap saja itu benar :D). Ya, untuk menjadi seorang programmer pun demikian, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk belajarnya.

Beberapa di antara kita tentu berbeda-beda caranya dalam belajar pemrograman, dan ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti latar belakang, kecepatan belajar, keadaan ekonomi dan juga mungkin lingkungan. Selain itu, cara saya jatuh cinta dengan pemrograman bisa jadi berbeda dengan cara Kamu. Dan mungkin itu pun mempengaruhi.

Sesuatu yang harus kita pahami adalah, bahwa tidak mungkin hari ini ingin jadi seorang master programmer, kemudian kita hanya nonton tv, kemudian tidur dan pagi harinya kita tiba-tiba bisa membuat program super keren yang bisa mengalahkan sofware buatan Microsoft. Tidak ada ceritanya kita sedang berjalan-jalan di musium Taman Mini, tiba-tiba ada seekor laba-laba yang menggigit kita, kemudian kita ketiduran di jalanan, dibangunkan satpam dan setelah bangun kita langsung bisa coding sambil bergelantungan di pohon. Satu hal yang harus kita sepakati adalah, ada sebuah proses yang harus kita lalui untuk itu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk memulai belajar pemrograman:

 
1. Mengerti dulu apa itu "programming"
2. Pilihlan sebuah bahasa pemrograman
3. Mulailah belajar
4. Buatlah program-program sederhana
5. Updatelah selalu informasi
6. Bergabunglah di grup-grup atau forum-forum pemrograman
 


COMMENTS