A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: HTTP_REFERER

Filename: blog/v_blog_view.php

Line Number: 2

Backtrace:

File: /home/stikombn/public_html/elearning/application/views/blog/v_blog_view.php
Line: 2
Function: _exception_handler

File: /home/stikombn/public_html/elearning/application/views/template.php
Line: 66
Function: view

File: /home/stikombn/public_html/elearning/application/controllers/blog.php
Line: 24
Function: view

File: /home/stikombn/public_html/elearning/index.php
Line: 256
Function: require_once

back 

SekilasTentang Kecerdasan Buatan

Posted by Adriana Sari Aryani on Wednesday, 25 Mar 2015

Di Jaman era globalisasi ini penggunaan teknologi semakin meningkat pesat, manusia menggunakan teknologi hampir di segala aspek kehidupan. Salah satu bentuk teknologi yang banyak digunakan oleh kalangan luas adalah bentuk aplikasi yang memiliki "kemampuan berpikir atau kecerdasan" seperti manusia. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin/komputer agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia disebut dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent).

Kata “intelligence” berasal dari bahasa Latin “intelligo” yang berarti “saya paham”.  Arti dasar dari intelligence ialah kemampuan untuk memahami dan melakukan aksi.  Bidang AI diawali pada paper Alan Turing, pada tahun 1950 yang mencoba menjawab  “Dapatkah computer berfikir” dengan menciptakan mesin Turing.  Paper Alan Turing pada tahun 1950 berjudul “Computing Machineri and Intelligence” mendiskusikan syarat sebuah mesin dianggap cerdas. Dia beranggapan bahwa jika mesin dapat dengan sukses berprilaku seperti manusia, kita dapat menganggapnya cerdas.

Beberapa definisi kecerdasan buatan :

  1. Kecerdasan Buatan : adalah ilmu rekayasa yang membuat suatu mesin mempunyai intelegensi tertentu khususnya program komputer yang “cerdas” (John Mc Cathy, 1956).
  2. Kecerdasan buatan merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan intruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal – yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas. (H.A Simon, 1987).
  3. Kecerdasan merupakan bagian kemampuan komputasi untuk mencapai tujuan dalam dunia. Ada bermacam-macam jenis dan derajat kecerdasan untuk manusia, hewan dan mesin. Kecerdasan buatan merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. ( Rich and Knight, 1991)

 

Kecedasan Buatan memiliki beberapa cabang ilmu, yaitu :

  1.  Sistem Pakar
  2. Logika Fuzzy
  3. Jaringan Syaraf Tiruan
  4. Computer Vision
  5. Pattern Recognition
  6. Robotika
  7. Case Based Reasoning
  8. Algoritma Genetika
  9. Games

 

Keuntungan Kecerdasan Buatan:

  • Lebih bersifat permanen, sedangkan kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Faktor sifat manusia yang pelupa.
  • Lebih mudah diduplikasi dan disebarkan, sedangkan mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain membutuhkan proses yg sangat lama.
  •  Lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami.
  • Menyediakan layanan komputer akan lebih mudah dan lebih murah dibandingkan dengan mendatangkan seseorang untuk mengerjakan sejumlah pekerjaan dalam jangka waktu lama
  • Bersifat konsisten, karena merupakan bagian dari teknologi komputer sedangkan kecerdasan alami akan senantiasa berubah-ubah
  • Dapat didokumentasikan, keputusan yang dibuat oleh komputer dapat didokumentasikan dengan mudah melalui log systemnya sedangkan kecerdasan alami sangat sulit untuk direproduksi
  • Dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik

 


COMMENTS

Comment
captcha